Selasa, 20 Juni 2017

Fakta Menarik Tempe

Fakta Menarik Tempe

Image result for tempe 
(sumber: perutgendut.com)

wahyumada.com - Fakta Unik Tempe  | Siapa yang tidak mengenal tempe? pasti hampir sebagian besar orang Indonesia mengetahuinya.Ya tempe yang dalam bahasa inggris disebut tempeh ini merupakan makanan yang dibuat dari hasil fermentasi kedelai dengan ragi tempe. Secara umum tempe berwarna putih karena miselia kapang yang membantu merekatkan biji-biji kedelai dan menjadi padat. Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia sebagai lauk pauk ataupun sebagai teman disaat kesepian. Indonesia merupakan negara produsen tempe terbesar di dunia dan menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Sebanyak 50% dari konsumsi kedelai Indonesia dilakukan dalam bentuk tempe, 40% tahu, dan 10% dalam bentuk produk lain. Tempe dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat menunda proses penuaan pada kulit. Tempe juga mengandung zat antibakteri yang dapat mencegah berbagai macam penyakit.
Tetapi tahukah anda, bahwa tempe memiliki fakta menarik?
Langsung saja, berikut beberapa fakta menarik tentang tempe:

Telah Mendunia 



Image result for tempe mendunia
(sumber: imgrum.org)




Tempe telah tersebar hampir di seluruh pelosok dunia, mulai dari Asia, Amerika, dan Eropa. Tempe mulai di kenal di Eropa berkat orang-orang Belanda yang membawa panganan ini. Belanda juga mendirikan perusahaan tempe pertama di Eropa yang pekerjanya didatangkan langsung dari Indonesia.

Jajanan Terpopuler Di Inggris


Image result for tempe mendunia
(sumber: ulinulin.com)



Hal unik terjadi di sebuah jalanan di Inggris, kedai Indonesian Food ramai dikerumuni pembeli sampai ludes. Dan di Inggris sendiri memang makanan Indonesia sangat digemari terutama tempe. Kita harus bangga kan sebagai orang Indonesia :-D.

Pengganti Daging Bagi Vegetarian

Image result for tempe pengganti daging 
(sumber: jitunews.com)



Apakah anda vegetarian? jika ya kalian tidak usah bersedih karena tidak makan daging, masih ada gantinya yaitu tempe. Tempe di Eropa dan Amerika digunakan sebagai makanan alternatif pengganti daging bagi kaum vegetarian. Selain enak tempe juga mengandung banyak khasiat tinggi dibandingkan dengan daging.

Penyelamat Tawanan Indonesia

Image result for tempe pengganti daging



Di zaman penjajahan jepang, Jepang menawan orang Indonesia, mereka diberi tempe agar tidak terkena busung lapar dan penyakit berbahaya lainnya. Berdasarkan penelitian orang-orang Indonesia yang berhasil selamat dari Perang Dunia II karena mereka makan tempe. Tempe telah memberikan asupan gizi kepada orang-orang Indonesia yang dulunya miskin dan berpenghasilan rendah.

Menu Favorit di Jepang dan Korea



Image result for tempe menu favorit di jepang korea
(sumber: travelkompas.com)



Seorang juru masak asal Korea Eduard Quad adalah salah satu dari ribuan orang yang jatuh hati dengan tempe, beliau jatuh hati dengan tempe ketika mengunjungi Indonesia dan mencoba tempe, alhasil dia jatuh cinta dan menjadikan tempe sebagai makanan favoritnya.
Sedangkan di Jepang seorang warga Indonesia yang bernama Pak Rustomo merupakan pebisnis tempe, dan dapat memikat hati warga Jepang dan dikenal di berbagai daerah di Jepang.


Demikianlah info yang dapat saya sampaikan tentang fakta unik tempe dan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan saya akhiri 

Wassalamualaikum

SELAMAT MEMBACA



2 komentar:

Cara Menambang di Minecraft

Mining di Minecraft Itu Mudah wahyumada.com   -   Cara Menambang di Minecraft    長  Halo, kembali lagi dengan saya. Pada kes...